Ekspedisi Surabaya Indonesia


Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) adalah salah satu perusahaan di bidang logistik yang memiliki ijin legalitas dari pemerintah untuk melakukan layanan pengiriman barang besar dan berat menggunakan kapal laut, atau yang biasa disebut dengan cargo laut.
Jasa ekspedisi laut menjadi salah satu alternatif yang paling digemari oleh banyak masyarakat Indonesia, baik perseorangan ataupun pebisnis perusahaan. Karena, dengan menggunakan cargo laut, mereka lebih merasakan biaya yang lebih murah dan bebas dengan jumlah dan berat barang besar.

Kenapa ongkos kirim paket kapal laut lebih murah?
karena, perhitungan dari faktor yang mempengaruhi harga cargo laut adalah berdasarkan kubikasi/kilogram hanya dibagi dengan Rp 4.000 sebagai biaya pengiriman.
Akan tetapi, ada beberapa perusahaan ekspedisi kapal laut yang mematok barang yang harus dikirim adalah tidak kurang dari 50 kilogram (berubah-ubah sesuai kota tujuannya), terutama EMKL di Jakarta.

Apa maksud dari barang yang dikirim via laut lebih bebas?
Lebih bebas disini maksudnya bukan berarti barang-barang ilegal dapat diantar jemput muatannya di pelabuhan secara bebas. Melainkan, pengiriman via ekspedisi laut dapat menerima barang-barang seperti berikut:
  • Pengiriman cairan kimia, parfum.
  • Kirim barang berbahaya dan mudah meledak.
  • Kirim barang elektronik ukuran besar dan baterai dalam keadaan aktif.
Barang yang seperti telah disebutkan diataslah yang tidak semua ekspedisi cargo udara siap melayani.

Apa saja jenis kapal laut yang digunakan?
Seperti transportasi cargo lainnya, cargo juga memiliki beberapa variasi armada kapal untuk pengiriman kargo seperti berikut ini:
  • Ekspedisi laut kapal pelni.
  • Ekspedisi laut kapal cepat / roro.
  • Ekspedisi laut kapal barang / cargo.
  • Ekspedisi peti kemas / container.
Sedangkan berdasarkan rute yang digunakan, ekspedisi kapal laut terbagi menjadi 2, yaitu kapal tramper dan linier.
Kapal tramper adalah kapal yang memiliki jadwal, biaya dan tujuan berubah-ubah. Kapal linier adalah kapal yang memiliki jadwal, biaya dan tujuan tetap.
Dengan perkembangan bisnis Ekspedisi ini menambah ketat persaingan sehingga PT. Surabaya Putra Mandiri berimprovisasi dengan menggunakan armada Trucking serta berbasis online