Ekspedisi Kapal Laut | Cargo Laut

Ekspedisi kapal laut Surabaya - Ekspedisi Surabaya Jatim merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), Yang pasti bisnis ini tidak bisa disamakan dengan jual beli barang, cukup memborong sejumlah barang kemudian dijual kembali lalu dapat untung, selesai. Mendirikan perusahaan jasa ekspedisi tidak hanya mengandalkan modal namun juga membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas secara skill dan spirit. Bisnis jasa ekspedisi juga bukan bisnis individual, artinya harus terbentuk team yang berisi orang-orang yang memiliki semangat dan dedikasi tinggi untuk memajukan perusahaan. Jadi tidak serta-merta kita mempunyai modal cukup lantas berharap perusahaan bisa berkembang pesat. Intinya ada keterkaitan antara modal, lokasi, dan SDM yang berkualitas untuk kemajuan perusahaan.

Cara merintis Perusahaan Jasa ekspedisi

Bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang adalah peluang bisnis yang menguntungkan jika dikelola dengan benar. Namun untuk memulai bisnis ini kita harus melakukan beberapa riset terlebih dulu, tentunya terkait dengan potensi peluang dan keuntungan dari bisnis ekspedisi itu sendiri. Berikut ini kami berikan beberapa panduan untuk mengelola bisnis jasa pengiriman barang supaya bisa berkembang lebih pesat.

Tentukan Daerah Operasi dan Alat Transportasi
Tentukan apakah Anda akan menggunakan mobil atau motor atau mungkin kedua-duanya untuk mengangkut barang kiriman. Disini tentu saja mobil dapat menjangkau kota dalam cakupan yang lebih besar sementara jika sepeda motor hanya terbatas pada wilayah yang sempit. Apabila posisi Anda ada di pusat kota yang terdapat banyak firma hukum atau bank ataupun perkantoran yang mendukung bisnis Anda, mungkin sepeda motor adalah opsi paling ideal terutama bagi Anda yang masih pemula.



Namun sebaliknya jika Anda berada jauh dari pusat kota, Anda harus menggunakan mobil untuk media pengiriman barang. Sekali lagi mobil memiliki jangkauan yang lebih luas, jadi semakin luas daya jelajah operasi Anda maka semakin besar keuntungan yang Anda peroleh. Dengan sendirinya bisnis ekspedisi yang Anda kelola semakin maju.

Tentukan Item Barang
Potensi berkembangnya bisnis jasa ekspedisi yang Anda kelola akan semakin terlihat apabila Anda mampu melayani lebih banyak item barang yang dikirimkan. Dalam hal ini tentu saja kapasitas fasilitas angkut yang Anda miliki mempunyai peran besar, dengan kata lain kapasitas penyimpanan sangat berpengaruh jika Anda melayani lebih banyak barang yang berbeda baik dari berat dan ukurannya.

cargo laut
Jika yang Anda tangani berupa pengiriman paket kecil namun berharga seperti dokumen rahasia atau surat-surat penting, Anda wajib menggunakan tas berkualitas tinggi tahan panas dan air. Dan yang paling penting jika Anda melayani pengiriman untuk item yang lebih besar, misalnya cargo medis, cargo industri, paket makanan, atau barang dimensi besar lainnya, Anda membutuhkan kendaraan khusus yang sanggup menampung sejumlah barang tersebut.

Tentukan Biaya Operasional
Sebagai bentuk identitas bisnis yang kompeten Anda harus menentukan biaya rata-rata, biaya tambahan (untuk jarak tempuh tertentu), biaya asuransi, jam operasional, batas pengiriman barang, dan layanan lain. Untuk menarik minat customer Anda bisa menawarkan harga khusus atau diskon, hal ini penting untuk tetap eksis apalagi jika terlalu banyak competitor. Layani customer dengan ramah dengan begitu mereka akan menggunakan jasa Anda lagi sewaktu-waktu.

Legalitas dan Promosi
Untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari costumer terkait bisnis ekspedisi ini, maka Anda wajib memiliki izin usaha atau legalitas dari pemerintah. Dan untuk media promosi Anda bisa membuat website untuk membangun bisnis pengiriman barang secara online. Lengkapi dengan konten mengenai daerah jangkauan pengiriman, daftar biaya, jam operasional, dan semua yang berkaitan dengan layanan ekspedisi secara detail dan spesifik.